koding

Selamat Datang di Laman Situs Hindu- Budha Kawasan Sumatera, Madura, dan Kalimantan Republik Indonesia. Selamat Menambah ilmu. Lestarikan Cagar Budaya Kita ! Sadarkan Masyarakat Kita ! UU No. 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya. PERATURAN MENTERI KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA NOMOR:PM.49/UM.001/MKP/2009 TENTANG PEDOMAN PELESTARIAN BENDA CAGAR BUDAYA DAN SITUS.

Kamis, 16 Januari 2014

Situs Porlak Dolok - Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumtera utara

Situs Porlak Dolok sudah tidak dapat dilacak lagi keberadaannya saat ini, dan hanya diketahui dari laporan Schnitger yang berkunjung pada situs tersebut tahun 1935 yang menyebutkan bahwa situs tersebut berada pada sebuah bukit di daerah hulu Sungai Barumun. Dia tidak menyebutkan lokasi administrasinya tetapi dari sketsa keletakan situs-situs Padang Lawas yang dibuatnya, Porlak Dolok berada di antara Situs Pageran Bira dan Biaro Si Sangkilon. Tinggalan yang ditemukan berupa batu berbentuk pilar tidak teratur, di bagian puncak dipahatkan kepala Ganeśa dengan pahatan lotus di bagian belakangnya. Sebuah inskripsi berbahasa Jawa Kuno menunjukkan pertanggalan 1245 M dipahatkan di salah satu bagian pilar ini. Di situs Porlak Dolok juga ditemukan arca Ganeśa berdiri dengan 4 tangan (Schnitger 1937: 17).

Gambar 1. Arca situs
Sumber : Susetyo ( 10, p. 54)


Daftar Pustaka :
Soesatyo, S. (2010). Kepurbakalaan padang tinjauan literatur.  Unpublished undergraduate thesis, Universitas  Indonesia, Jakarta.






Tidak ada komentar: