koding

Selamat Datang di Laman Situs Hindu- Budha Kawasan Sumatera, Madura, dan Kalimantan Republik Indonesia. Selamat Menambah ilmu. Lestarikan Cagar Budaya Kita ! Sadarkan Masyarakat Kita ! UU No. 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya. PERATURAN MENTERI KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA NOMOR:PM.49/UM.001/MKP/2009 TENTANG PEDOMAN PELESTARIAN BENDA CAGAR BUDAYA DAN SITUS.

Selasa, 24 April 2012

Situs Candi Burung - Kabupaten Pamekasan - Madura- Jawa Timur

Kondisi situs
Situs Candi Burung terletak di Desa Candi Burung, Kecamatan Proppo, Pamekasan. Lokasi candi berada di tengah sawah dan candi sudah dalam kondisi tidak utuh yakni berupa reruntuhan bebatuan. “Burung” merupakan istilah bahasa Madura yang artinya adalah gagal. Gagalnya pembangunan candi di Desa Candi Burung tersebut, karena pada saat yang bersamaan, ajaran agama Islam juga mulai menyebar luas di Pamekasan yang juga berpusat di wilayah Kecamatan Proppo, yakni di Desa Jambringin.Hal ini ditandai dengan adanya situs “Langgar” yakni sejenis musalla dan menjadi tempat ibadah umat Islam di rumahnya masing-masing akan tetapi terbuat dari kayu. Langgar itu bernama langgar Gayam.

 Hasil penelitian
Situs candi ini diperkirakan dibangun pada sekitar abad ke-16 masehi, awal masuknya ajaran agama Islam ke Pamekasan. Pada situs terdapat beberapa arca Hindhu yang ditemukan Dul Ahmad. Arca yang ditemukan pernah berupaya dipindahkan, tetapi sebagian warga tidak setuju karena di tempat patung yang ditemukan itu memang merupakan bekas bangunan candi. 

 Gambar 1. Arca candi burung

Sejarawan Pamekasan, Sulaiman Sadik, menyatakan, wilayah Kabupaten Pamekasan memang pernah berada di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit sebelum Islam masuk ke Madura.Ironisnya arca di situs bersejarah ini hilang dicuri pada Oktober 2009.  Menurut Suheb, salah seorang aparat desa setempat, sejak patung itu ditemukan oleh warga bernama Dul Ahmad tidak diperhatikan sama sekali. "Wong masyarakat di sini sudah berpikir tidak ada gunanya," terang Suheb.
Daftar Pustaka( dengan perubahan seperlunya) :
Patung Peninggalan Majapahit Hilang di Pamekasan
www.antaranews.com/berita/156574/patung-peninggalan-majapahit-hilang-di-pamekasan



2 komentar:

yudi takari mengatakan...

Maaf Gan.... Memangnya anda mengambil image tersebut diatas dari situs mana Gan..... hayo ngaku di desa candi burung mana ada patung seperti itu Gan.... yang saya tahu hanya batu bata yang berserakan serta rerimbunan pohon dan rumput kale.....

Administrator mengatakan...

Terima kasih komentarnya mas Yudi Takari
Komentar anda ikut membuat artikel ini semakin baik.

Artikel yang saya cantumkan , sumbernya :

http://www.antaranews.com/berita/156574/patung-peninggalan-majapahit-hilang-di-pamekasan

Sekarang sudah tidak ada lagi sebab arca yang ditemukan di sekitar sana hilang dicuri.
Kalau anda punya informasi lain, foto lokasi, atau keterangan lain jika berkenan bisa menambahkannya.