koding

Selamat Datang di Laman Situs Hindu- Budha Kawasan Sumatera, Madura, dan Kalimantan Republik Indonesia. Selamat Menambah ilmu. Lestarikan Cagar Budaya Kita ! Sadarkan Masyarakat Kita ! UU No. 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya. PERATURAN MENTERI KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA NOMOR:PM.49/UM.001/MKP/2009 TENTANG PEDOMAN PELESTARIAN BENDA CAGAR BUDAYA DAN SITUS.

Selasa, 23 Agustus 2016

Situs Gunung Tua - Kabupaten Padang Lawas , Sumatera Utara

Hasil penelitian :
Penelitian yang sudah dilakukan oleh Schnitger menunjukkan bahwa Gunung Tua merupakan situs penting, meskipun kini tidak dapat dilacak lagi keberadaannya. Schnitger mencatat adanya runtuhan biaro kecil yang mempunyai teras, di halamannya terdapat dua singa, makara, dan stambha.  Di samping itu dari situs Gunung Tua juga terdapat temuan arca perunggu Awalokite├žwara yang disimpan oleh Raja Gunung Tua, kini berada di Museum Nasional Jakarta (Schnitger 1937: 32). Arca tersebut digambarkan bertangan empat dan berdiri di apit dua ├žaktinya, salah satu di antaranya sudah hilang. Arca Lokanatha dibuat setempat karena terdapat inskripsi berbahasa Melayu Kuno yang pada lapiknya yang menyebutkan bahwa arca dibuat oleh seorang pandai besi bernama pu suryya. Gaya seni arca tersebut sangat mirip dengan arca Chola (Sri Hardiati 1997: 241) 

Daftar Pustaka :
Susetyo,S. (2010). Kepurbakalaan padang lawas, sumatera utara : tinjauan gaya seni bangun, seni arca, dan latar keagamaan. Unpublished undergraduate thesis, Universitas Indonesia, Jakarta.

Tidak ada komentar: