koding

Selamat Datang di Laman Situs Hindu- Budha Kawasan Sumatera, Madura, dan Kalimantan Republik Indonesia. Selamat Menambah ilmu. Lestarikan Cagar Budaya Kita ! Sadarkan Masyarakat Kita ! UU No. 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya. PERATURAN MENTERI KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA NOMOR:PM.49/UM.001/MKP/2009 TENTANG PEDOMAN PELESTARIAN BENDA CAGAR BUDAYA DAN SITUS.

Selasa, 23 Agustus 2016

Situs Rondaman - Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara

Situs Rondaman terletak di Desa Ronda Manlombang, Kecamatan Portibi,  Kabupaten Padang Lawas Utara, pada koordinat 01˚26.910 LU 099˚40.590 BT. Jarak Situs Rondaman dari Biaro Si Topayan 5,5 km. Keberadaan situs Rondaman  diketahui dari catatan Schnitger, namun pada saat ini lokasi yang diberitakan Schnitger sudah tidak ditemukan gundukan, kondisinya hampir rata dengan tanah. Setelah sedikit digali diketahui ada beberapa pecahan bata yang memiliki kemiripan dengan bata-bata yang digunakan pada bangunan biaro di Padang Lawas. Di bagian barat daya-selatan mengalir Sungai Batang Pane . 

Daftar Pustaka :
Susetyo,S. (2010). Kepurbakalaan padang lawas, sumatera utara : tinjauan gaya seni bangun, seni arca, dan latar keagamaan. Unpublished undergraduate thesis, Universitas Indonesia, Jakarta.

Tidak ada komentar: